10 Tips Mengatasi Stres Pada Anak


Di jaman yang serba canggih, orang tua sebaiknya tidak hanya menuntut anak untuk mendapatkan nilai bagus saja tanpa memikirkan perasaan dan apa yang menjadi beban Anak yang mana bisa memacu stres pada anak. Orang tua harus berperan aktif membantu anak mengatasi stress agar tidak berkembang menjadi lebih parah yang dapat mempengaruhi psikologi dan kesehatan anak. Apa yang harus dilakukan orangtua membantu anak menghadapi stress? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua.

1. Cari Penyebab Stress pada Anak
Orang tua harus mengetahui penyebab stress pada anak. Mengetahui penyebab stress pada anak akan membantu orangtua turut mengatasi masalah yang dihadapi anak. Karena penyebab Stres  sangat beragam. Mungkin karena Nilai Ujian Jelek, Ketakutan yang berlebihan, Kesepian, Kurang Kasih Sayang, Rutinitas Yang Membosankan, Kurang Dihargai atau Kurang Nyaman.

2. Bantu Anak Mengungkapkan Perasaannya
Mengungkapkan perasaan membantu mengurangi beban perasaan. Anak mungkin merasa khawatir, gugup, takut, dsb. Tanyakan pada anak mengenai perasaannya.

3. Hargai Perasaan Anak
Hargai perasaan anak dan jangan menyalahkan perasaanya atau melemahkan psikologisnya. Memarahi anak saat stress tidak akan membantu. Dorong ia untuk optimis bhwa ia akan mampu mengatasi masalah yang dihadapinya.

4. Bantu Anak Tidur Rileks dan Nyaman
Stress dapat menyebabkan anak susah tidur. Musik pemulihan dan musik relaksasi dapat membantu tidur lebih rileks dan nyaman. Menemani anak tidur atau memberikan pijatan ringan dapat membantunya lebih rileks.

5. Habiskan Lebih Banyak Waktu yang Menentramkan Anak
Luangkan waktu lebih banyak untuk mendukung pemulihan kondisi kejiwaan anak. Bernyanyi, bermain dan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan meningkatkan kualitas kebersamaan.

6. Berikan Makanan Sehat
Stress dapat menghilangkan selera makan dan mengubah pola makan. Makanan sehat membantu anak tetap bugar. Fisik yang sehat memperkuat kondisi mental.

7. Berikan Ruang Untuk Berekspresi
Melakukan kesenangan yang positif dapat membantu menghilangkan stress. Menggambar, menyanyi, bermain musik, dsb dapat membantu anak menghilangkan stress.

8. Bermain
Bermain membantu anak untuk menghilangkan stress. Bermain tidak hanya menyalurkan energi secara positif namun juga berinteraksi secara sosial dengan orang lain.

9. Bebaskan Dari Rutinitas Yang Membosankan
Anak juga membutuhkan waktu untuk berlibur dari rutinitas mereka setiap hari. Mengerjakan PR, Les Tambahan, Belajar Kelompok sangat menguras pikiran mereka. Ajaklah mereka berlibur sesekali dalam sepekan atau sebulan, tidak perlu liburan yang mewah, cukup ke area yang dekat dari rumah Anda juga bisa membuatnya senang.

10. Berikan Hadiah
Anak-anak sangat suka jika diberi hadiah, apapun yang anda beri akan membuat Anak merasa senang dan dihargai. Dengan begitu emosi Anak akan mengalihkan dan mengurangi stress yang dialami.

Related Posts:

0 Response to "10 Tips Mengatasi Stres Pada Anak"

Posting Komentar

Label