Tips Melatih Konsentrasi Anak

Anak yang susah untuk konsentrasi atau gangguan pemusatan perhatian, kategori ini mengacu pada perilaku yang beragam termasuk ADHD atau attetion-deficit hyperactivity disordes, gangguan tingkah laku atau conduct disorder (CD) dan gangguan sikap menentang atau ODD, oppositional defiant disorder.

Tak Ada Rasa Takut

Berkaitan dengan tidak ada rasa takut untuk dimarahi, dimungkinkan karena hubungan antara anak dan orang tua kurang harmonis. Faktor pola asuh sangatlah berpengaruh dalam hal ini. Misalnya, kegagalan pemberian imbalan untuk perilaku yang tepat dan penggunaan disiplin yang kasar serta tidak konsisten untuk perilaku buruk.

Support yang diberikan jika mendapat nilai baik, hal ini menjadi tidak menarik bagi anak karena dianggap tidak memenuhi kebutuhannya.

Cobalah untuk selalu mengembangkan hubungan yang lebih hangan dengan anak. Anda bisa memberikan tugas pada mereka sekaligus untuk melatih tanggung jawabnya. Sebaiknya Anda tidak memberikan apa-apa berkaitan dengan tugas yang diberikan. Tetapi Anda bisa memberikan hadiah tanpa alasan. Ini untuk menghindari ketergantungan anak terhadap pemberian.

Berikanlah "hukuman" yang seimbang dengan kesalahan yang dilakukan anak dan segera berikan alasan kenapa harus dihukum. Ini untuk melatih anak bahwa perilakunya tidap dapat diterima orang lain. Perlakuan tersebut berlaku bagi anak, misalnya jam berapa harus bermain, belajar, berkumpul dengan keluarga dan sebagainya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Melatih Konsentrasi Anak"

Posting Komentar

Label