Tips Agar Anak Gemar Membaca

Buku ibarat jendela dunia itu adalah kata-kata yang penuh makna. Bagi orang tua, menanamkan minat membaca pada anak-anak perlu kesabaran dan metode agar anak merasa nyaman. Dengan membaca, anak akan mendapat banyak manfaat, paling tidak, saat ia memasuki bangku pendidikan yang lebih tinggi, anak tak akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak.

Namun bagaimana jika anak Anda lebih memilih menghabiskan waktunya untuk menjelajah internet, bermain games, atau bahkan menonton TV? cobalah beberapa tips berikut agar membaca menjadi kebiasaan yang menyenangkan baginya.

Tips Agar Anak Gemar Membaca:


1. Jangan memaksa

Bagi orang tua, sangatlah perlu menyajikan buku-buku bacaan ringan yang tidak membahayakn bagi perkembangan psikologis anak. Bagaimana jika ternayata Anak lebih suka membaca komik? Biarkan saja, Yang penting, jangan membunuh kegemaran membacanya. Cara paling ampuh membuat anak mau membaca adalah dengan tidak memaksanya membaca buku yang tak disukainya.

2. Ikuti Minat Anak

Jika anak Anda menyukai tokoh tertentu dari video game, rangsanglah minat membacanya berdasarkan tokoh tersebut. Misal, komik bergambar dengan tokoh dan cerita yang sama seperti di video game atau film. Atau jika anak Anda memiliki kegemaran akan hewan kucing, rangsanglah minat membacanya dengan memberi ia buku pengetahuan tentang gambar-gambar kucing.

3. Ajak Anak ke Perpustakaan atau Toko Buku

Dengan melihat buku yang bermacam-macam, akan timbul rasa keingintahuan dari sang Anak, apalagi jika kemasan buku angat menarik. Hal ini sangatlah wajar karena bagi anak-anak ketertarikan secara viual lebih mudah melekat dan menariknya untuk membaca isinya. Sangatlah penting untuk mengajak anak untuk jalan-jalan ke toko buku ataupun ke perpustakaan.

4. Libatkan anak dalam memilih buku

Anak Anda mungkin tidak tertarik untuk membeli buku untuk dirinya sendiri, tapi Anda bisa memulainya dengan mencoba melibatkannya dalam memilih buku untuk adik atau saudara sepupunya. Minta ia untuk memilihkan buku yang menurutnya baik. Dari situ, Anda bisa mendapat gambaran buku seperti apa yang akan ia sukai.

5. Beri Keteladanan Membaca

Hal ini sangatlah penting dilakukan, rumah adalah madrasah pertama bagi anak-anak, apa yang dilihat akan ditirukannya, demikian juga jika kita biasa membaca minimal pagi atau sore hari walaupun itu hanya sebuah koran, maka anak-anak akan mengikuti. Mungkin awalnya jhanya melihat gambar-gambarnya saja, namun pada akhirnya akan tumbuh minat membacanya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Agar Anak Gemar Membaca"

Posting Komentar

Label