Mengatasi Anak Malas Sekolah

Memang pada saat anak berusia antara 6 hingga 7 tahun, memiliki ketertarikan dengan sekolah, bahkan di bawah usia tersebut. Jika permasahan yang terjadi adalah anak enggan bersekolah di usia tersebut, bagaimana cara membujuknya agar mau bersekolah dengan bersahaja.

Bisa menjadi PR bagu orang tua untuk mencari penyebab serta penyelesaiannya. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain adalah anak lebih nyaman di rumah dibandingkan di sekolah, lebih bebas untuk berbuat sesuatu karena tidak seketat aturan di sekolah, lokasi sekolah yang jauh atau mungkin anak menginginkan perhatian dari orang tua.

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain dengan memberikan informasi kepada anak tentang pentingnya sekolah. Berikan dengan contoh keberhasilan anak atau orang yang ia dapatkan dari sekolah. Ceritakan kepada anak bahwa sekolah adalah tempat yang enak, dan menyenangkan karena bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman.

Di sekolah bisa saling berbagi pengalaman dengan teman dan saling menolong karena banyak teman. Berikanlah pujian pada anak lain (sebatas pujian sebagai contoh dan jangan membandingkan dengan si anak) yang kebetulan pergi ke sekolah dengan berpakaian rapi dan bersih, misalnya dengan perkataan,
"Wah, gantengnya/cantiknya anak itu, berpakaian rapi, bersih, membawa tas ke sekolah......"

Berikanlah dukungan mental dengan membesarkan rasa percaya diri pada anak bahwa sebenarnya si anak memiliki kemampuan untuk sekolah.

Semoga uraian di atas bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Mengatasi Anak Malas Sekolah"

Posting Komentar

Label