Kapan Idealnya Anak Diberi Gadget

Banyak para ahli dari psikolog menyarankan bahwa untuk anak usia balita sebaiknya jangan dulu bermain-main dengan gadget, karena seharusnya pada usia itu si anak sudah harus bisa mengembangkan kemampuan motorik kasar. Dan juga agar tugas perkembangan dapat berjalan sesuai dengan schedule.


Sarannya adalah dengan memperbanyak kegiatan outdoor anak pada masa ini. Seperti permainan tradisional Indonesia seperti lompat tali, petak umpet dan engkle. Permainan tersebut lebih bisa mengasah motorik kasar si anak.

Kapan Memberi Gadget pada Anak

Selain motorik kasar, tentulah kemampuan sosial anak juga akan terganggu kalau usia segitu sudah banyak bermain game dengan gadget. Mereka yang seharusnya belajar untuk bergaul dengan teman sebaya, waktunya tersita untuk bermain game di rumah. Anak yang gadget mania memang cenderung egosentris.


Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari memberikan gadget pada anak sebelum anak benar-benar membutuhkan. Pemberian gadget yang ideal untuk anak adalah di masa sekolah dasar, ketika anak memang sudah membutuhkannya untuk kebutuhan akademik. Di usia sebelumnya, berikan permainan lain yang lebih memdidik, namun juga tak kalah menyenangkan, misalnya saja puzzle atau jenis edutainment lain yang mendidik sekaligus fun.

Agar anak tidak terpengaruh lingkungan luar dan ingin bermain gadget, maka sebaiknya orang tua juga menyediakan permainan lain yang juga tak kalah menariknya. Sekarang kan sudah banyak jenis permainan elektronik edutainment yang bagus-bagus. Berikan alternatif kepada mereka.

Ajarkan juga untuk melakukan permainan tradisional agar si kecil dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan motorik ksara dan sosialisasi di masa pertumbuhannya.

Related Posts:

0 Response to "Kapan Idealnya Anak Diberi Gadget"

Posting Komentar

Label